Mengunjungi WatchdoC




Pada hari Kamis, 1 Agustus kemarin, beberapa kru dari tim OASEMedia mengunjungi kantor WatchdoC. Pada sekitar jam 9.30 kami memulai diskusi tentang bagaimana cara membuat dokumentar yang bagus.

Saran pertama, kami harus menggunakan kamera yang tepat. Misalnya jika narasumber tidak nyaman dengan kamera besar, kami lebih baik menggunakan kamera dari ponsel.

Saran kedua, dekati narasumber. Agar narasumber nyaman saat direkam, tim WatchdoC menyarankan bahwa kami memberitahu rekamannya untuk apa, dan pelan-pelan mendekati narasumber dulu sebelum membawa kamera.

Saran ketiga, mencari tahu jika video yang akan dipakai perlu voiceover atau tidak. Jika narasumber banyak bicara, voiceover tidak diperlukan, tapi jika narasumber memberi jawaban dalam interview yang singkat, voiceover perlu dipakai.

Saran keempat, setiap external hard disk, disarankan ada backup-nya jika sesuatu terjadi pada external hard disk utama, agar masih bisa dipakai rekamannya.

Setelah itu, tim WatchdoC memperlihatkan ruang editing mereka kepada kami. Di dalam ruang editing mereka, ada lima komputer biasa, satu komputer khusus animasi, satu mic untuk voiceover, dan dua rak penuh dengan external hard disc. Di luar ruang editing-nya juga ada satu rak besar berisi buku untuk riset.

Setelah itu, kami mengakhiri kunjungan kami dengan berpamitan kepada mereka.

Comments